Manajemen Lingkungan Pesantren dalam Membentuk Karakter Santriwati di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri Banjarbaru


Hasil gambar untuk pondok pesantren darul ilmi banjarbaru

ABSTRAK
Ihda Ihromi: Manajemen Lingkungan Pesantren dalam Membentuk Karakter Santriwati di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri Banjarbaru, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni M. Ag dan bimbingan II: Dr. H. Husnul Yaqin, M. Ed, pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin (2014).
Kata Kunci:   Manajemen, Lingkungan Pesantren, Karakter, Santri, Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri.
            Lingkungan yang tidak steril menjadi ancaman serius bagi dunia pendidikan di mana pengaruh negatifnya menyebabkan degradasi moral dan terkikisnya karakter bangsa. Oleh karenanya, penting bagi semua unsur pendidik untuk membuka peluang seluas-luasnya bagi penanaman nilai-nilai karakter anak didik melalui manajemen lingkungan yang baik, terutama di pondok pesantren, sehingga memudahkan pendidik untuk menerapkan fungsi pembinaan dan pengawasan secara terus menerus, mulai dari lingkungan madrasah, asrama, mushala, sampai pada kegiatan ekstrakurikuler dan pembudayaan, serta penciptaan iklim di pesantren. Kesemuanya itu memerlukan manajemen yang baik dari pimpinan pesantren, kepala madrasah, pengasuh asrama dan dewan guru, sehingga lingkungan pesantren benar-benar efektif dan efisien dalam mendukung pembentukan karakter santri, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tujuan pendidikan nasional.
Berdasarkan pemikiran di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen lingkungan pesantren dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi putri, kendala-kendala dan penanganannya, serta karakter apa saja yang telah dibentuk dan ingin ditingkatkan lagi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Pimpinan Pesantren Darul Ilmi putri, Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pondok Pesantren Darul Ilmi putri, para guru dan santriwati. Sedangkan objeknya adalah manajemen lingkungan pesantren dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri Banjarbaru. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen lingkungan pesantren dalam membentuk karakter santriwati di Pondok Pesantren Darul Ilmi putri sudah berjalan cukup baik dengan adanya perencanaan yang matang dengan target yang cukup ideal dan realistis, pengorganisasian yang terstruktur dan proporsional, pelaksanaan yang mencakup pengkoordinasian, pembinaan dan pengawasan, serta pengawasan kinerja yang berkesinambungan dengan pengontrolan dan evaluasi berkala yang diadakan dalam rapat bulanan. Kesemua fungsi manajemen tersebut sudah diterapkan dengan baik terkait pembentukan karakter santriwati, baik di lingkungan madrasah, asrama dan mushala. Sedangkan manajemen kegiatan ekstrakurikuler dan tata lingkungan dalam membentuk karakter santri memang masih memerlukan pembenahan lagi. Kendala-kendala dalam proses manajemen tersebut di antaranya kurangnya personel guru yang mukim di pondok pesantren sehingga pengawasan kurang efektif, kurangnya lokal belajar dan kapasitas asrama yang overload, kurangnya personel pengasuh asrama, dan kurangnya motivasi santriwati dan orang tua untuk kemajuan pendidikan. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan adanya kerjasama yang solid, sistem musyawarah dengan asas mufakat dan kekeluargaan, serta kesadaran dan keinginan semua unsur pendidik untuk memajukan pesantren. Adapun karakter santriwati yang menonjol dan ingin ditingkatkan melalui manajemen lingkungan pesantren di antaranya karakter santriwati yang siap menjadi ulama kapabel dari aspek akhlak dan keilmuan, memiliki semangat, kepercayaan diri dan kecakapan global, serta karakter santriwati yang berdisiplin, bersahaja, mandiri dan bertanggung jawab.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada para pengambil kebijakan pendidikan di Pondok Pesantren Darul Ilmi Putri, hendaknya lebih meningkatkan lagi upaya penerapan fungsi-fungsi manajemen pada lingkungan pesantren dalam membentuk karakter santriwati, dan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan fokus masalah yang lebih mendalam atau dengan metode yang berbeda untuk memperoleh temuan-temuan baru yang bermanfaat bagi pengembangan pesantren secara khusus, maupun dunia pendidikan secara umum.

Theme images by loops7. Powered by Blogger.