Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Khusus Ulama Fakultas Ushuluddin dan Humaniora IAIN Antasari Banjarmasin
ABSTRAK
Gusti Muhammad Abror Hadi, 2010. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap
Prestasi Belajar Mahasiswa Program Khusus Ulama Fakultas Ushuluddin dan
Humaniora IAIN Antasari Banjarmasin. Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin
dan Humaniora. Pembimbing: (I) Dra. Mulyani,. M.Ag.
Kata kunci : efikasi diri, prestasi belajar, mahasiswa Program
Khusus Ulama, kuantitatif, korelasional.
Penelitian ini dilatar belakangi dari perbedaan hasil dan prestasi
belajar Mahasiwa Program Khusus Ulama Fakultas Ushuluddin dan Humaniora yang bertolak
dari fasilitas dan tuntutan yang diberikan kepada mahasiswa kepada mereka untuk
menyelesaikan pendidikannya selama empat tahun, dengan membuat skripsi
berbahasa asing dan menghapal Al-Qur`an sebanyak 4 Juz hingga kualifikasi standar
nilai minimal B untuk bisa lulus dalam tiap mata kuliah yang diambil, serta
mengikuti berbagai kegiatan dan program keulamaan yang diprogramkan oleh
jurusan. besarnya tuntutan yang dibebankan kepada mereka sejalan dengan seleksi
ketat yang dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa yang akan kuliah diprogram
ini serta adanya fasilitas-fasilitas penunjang yang tidak dimiliki dan
didapatkan mahasiswa lain seperti beasiswa penuh selama empat tahun, penyediaan
tepat tinggal dan buku-buku pelajaran selama perkuliahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari efikasi
diri atau keyakinan diri dari mahasiswa yang bersangkutan dalam menjalani
pendidikan mereka terhadap hasil prestasi belajar yang dimilikinya selama
kuliah di Program Khusus Ulama, dan juga untuk mengetahui tingkat rata-rata
efikasi diri mahasiswa Program Khusus Ulama
Fakultas Ushuluddin dan Humaniora IAIN Antasari Banjarmasin.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional untuk mendeteksi sejauh
mana variabel efikasi diri berkaitan dengan variabel prestasi belajar. Dalam
hal pengambilan sampel penulis menggunakan tehnik pusposive sampling dengan
mengambil sampel sebanyak 86 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan anget
berisi skala efikasi diri, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data
dengan menggunakan rumus korelasi product moment atau korelasi Perason.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan
sangat signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar mahahsiswa Program
Khusus Ulama, dengan nilai koefisien korelasi (r) yang dihasilkan adalah
sebesar 0,745 dan probabilitas (P) = 0,000, yang berarti semakin tinggi efikasi
diri mahasiswa maka akan makin tinggi prestasi akademiknya dan sebaliknya,
makin rendah efikasi diri maka makin rendah prestasi akademiknya.