Digitalisasi Al-Qur`an Pada Personal Komputer dan Smartphone



Hasil gambar untuk digitalisasi alquran


ABSTRAK




Fauzar Ramdhani, 2010. Digitalisasi Al-Qur`an Pada Personal Komputer dan Smartphone. Jurusan Tafsir Hadits, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Pembimbing: (I) Bashori. M.Ag. (II) Adriani Yulizar M.Ag

Penelitian ini bertolak dari pesatnya fenomena digitalisasi Al-Qur`an seiring dengan meningkatnya perkembangan tekhnologi dan informasi dengan dilatar belakangi ditemukannya perangkat komputer sebagai salah satu penemuan terbesar dalam sejarah umat manusia dimana pada akhirnya masyarakat modern berusaha untuk mentransformasikan segala sesuatu dalam bentuk digital untuk memudahkan kehidupan mereka termasuk instrumen agama seperti Al-Qur`an dan Hadits.
Penelitian yang akan penulis lakukan adalah sebuah upaya untuk memetakan sejarah, perkembangan, kemampuan dan pengggunaan aplikasi al-qur`an digital dan fitur-fitur yang ada didalamnya dengan harapan akan mampu memberikan suatu sumbangsih dan referensi dalam mencari, memahami dan menggunakan aplikasi-aplikasi alqur`an digital yang tersedia dipasaran
 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif berjenis literatur dengan mengambil bentuk digital library research yaitu sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan dari dokumen yang berasal dari berbagai aplikasi software Al-Qur`an. Tekhnik pengumpulan data dengan mengumpulkan aplikasi-aplikasi Al-Qur`an digital yang dibuat untuk aplikasi personal computer dan smartphone dengan memfokuskan pada aplikasi Quran In Word, Quran Auto Reciter, Quran Digital, Iquran, Quran Android, dan Quran Al-Hadi.
Dari penelitian ini diketemukan 19 aplikasi Al-Quran yang sampai saat ini masih aktif dan bisa didownload untuk personal computer dan 245 aplikasi Al-Qur`an untuk smartphone dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Khusus untuk daerah Kalimantan selatan aplikasi Al-Qur`an yang paling populer dan sering diinstal oleh programmer computer dan pengguna awam adalah Qur`an in Word untuk aplikasi Microsoft Word, Qur`an Auto Reciter untuk aplikasi pengingat shalat dan bacaan Quran serta Al-Quran digital untuk terjemahan Al-Qur`an. Sedangkan untuk Aplikasi Alqur`an pada smartphone yang paling popular dan sering didownload adalah Iquran buatan Perusahaan Guided Ways asal Inggris, Quran Android, dengan jumalh download lebih dari satu juta unduhan dan Qur`an Al-Hadi sebagai salah satu aplikasi Al-qur`an buatan Indonesia yang terbaik dan terbanyak didownload. 
Theme images by loops7. Powered by Blogger.